Faktor Penyebab Anak Adhd

Faktor Penyebab Anak Adhd – Adhd merupakan kelainan yang bisa terjadi pada syaraf otak yang menyebabkan penderitanya hiperaktif. Adhd lebih umumnya dialami sejak dini sehingga tidak sedikit anak anak penderita adhd. Adhd juga kepanjangan dari attention deficit hyperactivity disorder, yang dimana kondisi penderitanya akan sulit untuk fokus dan diam. Sebenarnya anak adhd termasuk dalam jenis anak hiperaktif. Anak adhd ini bisa di lihat sejak usia dini, sekitar pada usia 6 tahun kelainan sudah bisa dilihat dari perbedaan tingkah laku anak normal dan anak adhd.

Anak adhd yang lebih sulit untuk diam, sebab jika diam akan penderita adhd akan gelisah. Kelainan ini memang terjadi pada syaraf gerak, jadi penderitanya pun akan sulit untuk mengontrolnya. Gangguan adhd ini bisa berlangsung sampai dewasa apabila tidak diatasi. Memang untuk penyembuhan total akan lebih sulit tetapi anak adhd bisa di terapi, sehingga bisa mengontrol diri secara perlahan lahan. Sehingga peran orang tua sangat penting sekali untuk mengatasi anak hiperaktif dengan jenis adhd.

anak adhd

Faktor Penyebab Anak Adhd

Penyebab utama anak adhd memang belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa faktor pemicu terjadinya anak adhd yang perlu diketahui agar bisa mencegahnya. Dibawah ini beberapa faktor penyebab anak adhd :

  • Genetik

faktor penyebab anak adhd bisa dikarenakan oleh faktor genetik. Jika ada gen atau keturunan dari salah satu keluarga yang hubungan darahnya sangat dekat yang mengalami gangguan kesehatan mental hiperaktif dan lainnya maka bisa meningkatkan terjadinya gangguan kesehatan mental juga pada keturunan selanjutnya. Terlebih jika ada salah satu orang tua yang mengalaminya, maka risikonya akan lebih tinggi.

  • Kelainan struktur otak

faktor penyebab anak adhd yang kedua adalah kelainan pada struktur otak. Ada kelainan pada struktur otak bisa menyebabkan masalah pada fungsi otak yang salah satunya untuk bergerak dan mengontrolnya. Kelainan pada struktur otak bisa disebabkan oleh kecelakaan yang bisa dialami pada saat masih di dalam kandungan atau pun ketika masih bayi. Untuk itu menjaga kandungan dan bayi sangat penting sekali, karena jika lalai akan menyebabkan berbagai macam efek samping seperti adhd salah satunya.

  • Kelahiran lebih awal

faktor penyebab anak adhd bisa dikarenakan oleh faktor masa kehamilan. Masa kehamilan yang kurang dari 36 minggu atau 9 bulan yang lebih rentan untuk mengalami adhd atau kelainan mental. Sebab di dalam kandungan yang normal akan membentuk semua bagian tubuh dengan sempurna, jadi apabila kurang dari waktu normal ada kemungkinan bagian atau struktur tubuh yang belum terbentuk normal sehingga salah satu dampaknya adalah adhd.

  • Obat obatan

faktor penyebab anak adhd adalah efek samping menggunakan obat. ketiak hamil tidak bisa sembarangan mengkonsumsi obat, karena apa pun yang masuk ke dalam tubuh juga akan di dapatkan oleh bayi di dalam kandungan juga. oleh karena itu ada makanan dan juga obat yang tidak bisa di konsumsi oleh wanita hamil untuk menjaga kesehatan bayi di dalam kandungan. Begitu pun dengan obat, penggunaan obat wanita hamil harus dalam pengawasan ahlinya atau dokter kandungan, sebab ada beberapa kandungan obat yang bisa mengganggu bayi. Maka dari itu jika sedang hamil menggunakan obat tanpa resep dokter atau menggunakan obat terlarang maka bisa berisiko untuk mengalami adhd.

  • Merokok dan minum alkohol

faktor penyebab anak adhd selain dari menggunakan obat bisa juga disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat. seperti yang telah disebutkan sebelumnya jika sedang hamil harus di jaga hati hati sebab jika tidak dijaga dengan baik bisa memberikan dampak buruk pada bayi yang ada di kandungan seperti merokok dan juga minum alkohol tidak baik untuk bayi, sehingga salah satu dampaknya adalah melahirkan anak adhd atau hiperaktif.

  • Paparan racun

faktor penyebab anak adhd dikarenakan paparan racun. Tinggal di lingkungan yang udaranya kurang bagus pada saat memiliki bayi atau pun ketika sedang hamil seperti di kawasan industri dimana banyak racun bahan kimia yang dapat terhirup atau pun karena disebabkan pekerjaan yang menggunakan bahan dasar kimia beracun ketika hamil maka bisa meningkatkan risiko untuk melahirkan anak adhd juga.

Anak adhd berbeda dengan anak lainnya, bisa diketahui dengan ciri atau tingkah anak adhd yang berbeda dengan anak normal lainnya, seperti :

  • Sulit berkonsentrasi.
  • Sulit mematuhi instruksi.
  • Cenderung terlihat tidak mendengarkan.
  • Mudah merasa bosan.
  • Tidak bisa diam atau gelisah.
  • Tidak sabar.
  • Sering lupa dan kehilangan barang, misalnya alat tulis.
  • Kesulitan dalam mengatur.
  • Sering tidak menyelesaikan tugas yang diberikan dan beralih-alih tugas.
  • Selalu bergerak atau sangat aktif secara fisik.
  • Bertindak tanpa berpikir panjang.
  • Kurang memahami bahaya atau konsekuensi buruk.
  • Sering memotong pembicaraan orang lain

Maka dari itu berikan perhatian khusus untuk anak adhd sehingga bisa membantu mengurangi gejala anak adhd. Bisa melakukan terapi untuk membantu mengatasinya, terapi yang bisa dilakukan sendiri dengan mengajak anak adhd olahraga lebih sering mencukupi waktu istirahat, dan memberikan kegiatan yang terstruktur agar anak adhd lebih disiplin dan terbiasa dengan rutinitas yang tersusun. (By:RM)

Faktor Penyebab Anak Adhd

CARA PESAN VITABRAIN

VitaBrain Suplemen Herbal Alami Untuk Membantu Proses Pengobatan dan Pemulihan Otak Anak Adhd.

Suplemen Anak Adhd Vitabrain Membantu Mengembalikan Kemampuan Otak Anak, Memperbaiki Komunikasi Anak dan Membantu Perkembangan Kemampuan Otak Motorik

1 Botol VitaBrain Isi 60 Kapsul = Harga Rp. 216.000/Botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-1617-3280, tuliskan : Pesan VitaBrain Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)


=====================================

>>> VitaBrain Suplemen Herbal Alami Untuk Membantu Proses Pengobatan dan Pemulihan Otak Anak Adhd, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Anak ADHD and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.